Selasa, 22 Desember 2009

OPTIMALISASI LIMA KETERAMPILAN AKADEMIK DALAM PERSIAPAN IBT-TOEFL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA NON-BAHASA INGGRIS


ABSTRAK

Wigati, Retno Wulan. 2009. Optimalisasi Lima Keterampilan Akademik dalam Persiapan IBT-TOEFL untuk Meningkatkan Prestasi Akademik mahasiswa Non-Bahasa Inggris. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Promotor: 1) Prof. Dr. Soekemi, MA dan KO-Promotor 2) prof. Abbas A Badid, Ph.D, MA, MA

Kata Kunci: Optimalisasi, keterampilan akademik, membaca cepat, mencatat, paraphrase, meringkas, sintesa, persiapan IBT-TOEFL, Prestasi akademik

            Penelitian ini bertujuan mengungkapkan tentang pengaruh optimalisasi Lima Keterampilan Akademik, membaca cepat, mencatat, paraphrase, meringkas, dan sintesa, dalam persiapan IBT-TOEFL untuk menignkatkan Prestasi Akademik pada mahasiswa jurusan non-bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, Lima, keterampilan akademik yang disebut sebagai kunci sukses akademik dipergunakan untuk mempersiapkan IBT-TOEFL, yang memperkenalkan kombinasi antara standar keahlian bahasa inggris dan penggunaan teknologi. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dam merupakan penelitian kuantitatif; artinya ada variable yang diobsevasi terkait dengan optimalisasi lima keterampilan akademik dalam mempersiapkan IBT-TOEFL. Perlukuan optimalisasi keterampilan lima akademik yang diberikan pada grup eksperimen adalah: 1) membaca cepat, yang terdiri atas membaca cepat dan pemahaman; 2) mencatat, terdiri atas: organisasi catatan, identifikasi informasi, dan mencatat cepat; 3) parafrase: memilih sinonim kata, menggunakan gramatika alternative, mengekspresikan ide yang lain; 4) merangkum yang terdiri atas; menyingkat ide, megidentifikasi ide, identifikasi poin utama; dan 5) sintesa yang terdiri atas: identifikasi tema dan hubungannya, seleksi informasi dari kedua sumber, mengikuti rencana/ alur
            Masalah dalam penelitian ini adalah: Berapa % kontribusi optimalisasi keterampilan lima akademik dalam mempersiapkan IBT-TOEFL terhadap peningkatan nilai prestasi akademik? Pertanyaan ini diformulasikan sbb: 1) Berapa % kontribusi optimalisasi lima keterampilan akademik terhadap nilai persiapan IBT-TOEFL; 2) Berapa % kontribusi optimalisasi lima keterampilan akademik terhadap nilai prestasi akademik? Berapa % korelasi antara nilai persiapan IBT-TOEFL dengan nilai prestasi akademik?; 4) Adakah perbedaan yang positive dan signifikan antara grup ekperimen dengan grup control dalam nilai persiapan IBT-TOEFL?; 5) Adakah perbedaan yang positif dan signifikan antara grup eksperimen dengan grup kontrol dalam nilai prestasi akademik? Hipotesisnya adalah: 1) Optimalisasi lima keterampilan akademik mempunyai kontribusi >80% terhadap nilai persiapan IBT-TOEFL dengan prestasi akademik >80%; 4) Ada perbedaan yang signifikan antara grup ekspesimen dengan grup kontrol dalam nilai persiapan IBT-TOEFL; 5) Ada perbedaan yang positif dan signifikan antara grup eksperimen dengan grup kontrol dalam nilai prestasi akademik.
            Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Kesimpulannya optimalisasi lima keterampilan akademik, dalam persiapan IBT-TOEFL mempunyai kontribusi sebesar >90% dalam meningkatkan nilai prestasi akademik. Maka dapat diyakini bahwa lima keterampilan akademik merupakan keterampilan yang paling efektif skills yang harus digunakan dan dikembangkan dalam Proses Belajar Mengajar.

Disertasi ini telah lulus uji pada ujian terbuka kamis (12/11). Bertempat di Auditorium Gedung K9 Pascasarjana Unesa, dengan predikat sangat memuaskan setelah mempertahankannya di depan para dewan penguji.


Tidak ada komentar:

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google