Selasa, 22 Desember 2009

MENCARI KADER TIM ROBOT DEWO, FAKULTAS TEKNIK ADAKAN SEMINAR ROBOTIK


            Ramai sekali di ruang sidang Fakultas Teknik  rabu, (21/10). Seminar robotik perdana dihadiri 150 mahasiswa yang menghadiri, dengan mayoritas mahasiswa Fakultas Teknik. Selain mahasiswa, terlihat pula beberapa undangan terhormat PD III FT; Drs. Djoko Suwito, M.Pd, 2. Kajur TE; Edy Sulistiyo, Drs., M.Pd.
Tema yang diangkat ”Dalam Rangka Sosialisasi Bidang Robotika dan Open Rekrutmen Anggota Team Robot Fakultas Teknik. Menurut Arya Kusuma Teknik Elektro sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa, latar belakang pelaksanaan seminar tersebut diamaksudkan untuk memberikan stimulus kepada peserta. Sehingga dengan materi yang disampaikan oleh pembicara, mampu menumbuhkan minat gabung. Yang dimaksud sebagaimana kader team robot berikutnya setelah team Anton dkk. Selain itu, dengan jumlah minat pendaftar yang lebih banyak dari team robot sebelumnya, maka akan meningkatkan kompetensi. Sehingga akan benar-benar diperoleh mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas dan loyal, yang kemudian akan dikirim pada lomba kontest robot tahun 2010.
Menurut Dela, team robot Dewo bagian mekanik, kontes robot yang akan diadakan pada tahun 2010 mendatang, FT akan menikuti 4 kategori. Dua diantaranya adalah KRCI dan KRSI. Untuk itu, diperlukan anggota lebih banyak dan kompetitif dari pada sebelumnya. Dari segi kompetitif, kemampuan tiap team-team lawan juga meningkat setiap tahunnya. Selain itu, kategori KRSI yang lebih sulit dari pada KRCI yang lebih membutuhkan keuletan serta tingkat kompetensi anggota/ mahasiswa yang memadai. Dari segi jumlah, menurut Lukman team robot Dewo bagian Hardware menyebutkan, jumlah yang diambil dari seleksi, direncanakan tiap kategori memerlukan 6 orang, 2 bagian mekanik, 2 hardware, dan 2 software/ programmer.
Stimulus serta motivasi diberikan sepanjang runtutan seminar robotik tersebut. Baik berupa pemutaran video maupun dengan menghadirkan pembicara yang handal dibidangnya.
Semua prosesi tersebut diikuti oleh seluruh peserta dengan sangat antusias. Terlihat saat pemutaran video berlangsung. Decak kagum diperlihatkan peserta seminar ketika melihat beberapa video kontes robot yang sedang diputar. Sebut robot peserta dari India yang bisa melakukan putaran (salto) kanan, kiri, depan dan belakang. Tidak hanya robot yang bisa salto saja yang membuat peserta kagum. Lenggak-lenggok robot dengan kelenturannya seperti halnya penari senior dan profesional sedang beraksi. Kedetailan dan keserasian gerakan dari olah perintah dalam satuan pogram yang tersimpan dalam memori hadrware robot.
Awal mulanya hanya merupakan komponen-komponen terpisah dan tidak akan bergerak kecuali disentuh dan dipindahkan. Namun setelah dirangkai menjadi robot dengan disain mirip manusia, akhirnya hanya dengan sekali menekan tombol On, robot tersebut langsung melenggak-lenggok selaras musik yang sedang diputar.
Struktur robotik menurut Edi Sulistiyo selaku Kajur Teknik Elektro, robot terbagi menjadi 3 Bagian yang tidak dapat dipisahkan. Bagian tersebut diantaranya: Mekanik, Elektronik sebagai Hardware dan Program sebagai Software. Setelah tiga bagian wajib tersebut sudah terpenuhi, maka sebuah robot akan bisa terbentuk dan bergerak sesuai yang dikehendaki ujarnya.
Beberapa menit setelah pemutaran video, bahasa formal dari moderator seminar membuka acara, untuk selalnjutnya oleh Apriliyanu Suseno akrab dipanggil yanu salah satu team robot dewo memberikan sambutan. Dalam sambutannya yanu berharap, tongkat estafet sebagai juara 1 tingkat nasional akan diteruskan oleh generasi berikutnya. Sepintas namun sarat dengan harapan sebuah prestasi dari sosok mahasiswa yang mempunyai tipe pekerja keras tersebut.
Selesai yanu menyampaikan harapannya, sambutan selanjutnya dari Djoko Suwito selaku Pembantu Dekan III Fakultas Teknik. Ungkapnya sambil tersanyum, robot diharuskan menjadi image/ tradisi FT. Juara 1 tingkat nasional yang diraih tim robot Dewo sebelumnya, akan diikuti jejaknya oleh generasi berikutnya, sehingga menjadi juara1 bukanlah menjadi hal yang mengagetkan lagi, tapi sudah menjadi suatu kebiasaan.
Sambutan demi sambutan yang terangkai dalam agenda opening ceremonial usai, akhirnya sampai pada agenda inti dari seminar itu sendiri. Sosok wajah setengah baya, berjalan menuju meja utama. Dia akrab disapa Endra, yang mempunyai nama lengkap Endra Pitowanrno. Endra mempunyai peranan yang sangat penting khususnya bidang robotik Indonesia. Namun sebelum itu, perjalanan panjang yang harus dilewati oleh seorang Endra. Endra pun sempat bercerita sejenak tentang pengalamannya. Awal merintis robot ketika masih menjadi dosen di PENS ITS dan iklim robot di Indonesia belum seperti sekarang. Dengan melepas statusnya sebagai dosen waktu itu bersama lima dosen lainnya, hanya untuk mempelajari terkait robot lebih mendalam. Tepatnya pada tahun 1989-1990 Endra pun terbang ke negeri sakura Jepang, tepatnya di Tsukuba Jepang.  
Selesai training dan kembali lagi ketanah air Indonesia tercinta, Endra pun kembali kemata pencaharian sebelumnya, yakni menjadi dosen di Instansinya yang dulu.  Setibanya di tanah air, Endra atas nama Instansi pada tahun 1990 memperoleh undangan dari negara asal bergurunya. Undangan ikut berpartisipasi kontes robot dari NHK Robocon di Tokyo Jepang tersebut pun disanggupinya. Berbeda dengan Endra sebelum berangkat ke jepang, dengan pengalaman belajar selama ± 1 tahun, Endra dkk berhasil menciptakan robot dan kemudian diberi nama BIMA 1. Tidak sia-sia hasil perjuangan Endra dkk, BIMA 1 berhasil menjadi finalis.
Mendengar sejarah dari seorang Endra, peserta seminar pun kagum dengan gambaran pengalaman Endra waktu itu. Sejalur dengan maksud dari seminar sendiri itu pun untuk menumbuhkan minat peserta seminar terkait bidang robot dan open rekrutmen tim robot FT. Untuk itu, pembahasan tentang robot itu sendiri tidak dikupas secara mendetail mengenai pembuatan mekanik, rangkaian elektronik dan pemrogramannya. Melainkan yang lebih ditekankan dari sisi motivasi. Muksin Saiful A


Tidak ada komentar:

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google